top of page
Search

Cara Memilih Kertas Terbaik Untuk Proyek Pencetakan Anda!

Pilihan kertas mungkin adalah satu-satunya keputusan paling penting yang akan Anda buat ketika harus membuat karya cetak yang mantab. Ini dapat memiliki dampak yang banyak pada produk akhir seperti tinta dan desain. Ini mempengaruhi bagaimana, kapan, dan di mana bagian yang dicetak dapat digunakan. Hal ini juga dapat memiliki efek yang signifikan pada harga di jumlah yang lebih tinggi.


Memilih Kertas Yang Tepat Jangan hanya berpikir tentang bagaimana Anda ingin produk itu terlihat, pikirkan juga apa yang akan Anda gunakan untuk produk akhirnya, siapa yang akan menanganinya, jika akan dikirimkan (karena berat kertas dapat mempengaruhi biaya ongkos kirim Anda), dan apakah kertas akan terkena air, bahan kimia atau suhu yang ekstrem.

Memilih Bahan Kertas Yang Tepat Kertas tidak hanya terbuat dari kayu. Ada kertas yang terbuat dari kain, serat sintetis dan bahkan plastik. Maka kertas ini melayani tujuan khusus. Jika Anda khawatir tentang dampak Anda terhadap lingkungan, ada kertas khusus yang terbuat dari bahan yang lebih eco-friendly, bersumber dari hutan lestari, dan lebih cepat terurai. Meskipun sebagian besar makalah standar kami bersumber secara berkelanjutan, opsi lain tersedia.


Memilih Kertas Yang Tepat Untuk Proyek Sebagian besar pekerjaan cetak yang kita lihat adalah bagian dari kampanye pemasaran, seperti kartu nama, poster, brosur atau kampanye pengiriman kartu pos. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memilih kertas yang Anda butuhkan:


1) Apakah Anda akan menggunakan die-cut yang detail?

Jika Anda menggunakan potongan detail, biasanya kertas yang lebih tebal akan menunjukkan detail yang lebih baik. Kertas yang lebih tipis cenderung kehilangan detail atau memiliki tepi yang berjumbai di mana mereka dipotong. Makalah kertas premium juga akan bermanfaat.


2) Apakah produk cetakan Anda akan dikirim lagi?


Sekiranya Anda akan menghantar produk itu, pastikan berat produk tersebut tidak melebihi batas berat karena Anda akan membayar lebih mahal untuk ongkos kirim.


3) Di mana Anda akan menyimpannya sampai Anda menggunakannya?


Jika Anda berpikir kertas mungkin terkena suhu ekstrem, hujan atau kelembaban, maka Anda harus menggunakan kertas yang tahan terhadap hal-hal tersebut.


4) Apakah Anda akan menulis di atas kertas itu?


Pakailah kertas uncoated (atau kertas vellum) ketika Anda akan menulis di kertas tersebut, jangan gunakan kertas yang coated, mengkilap, atau kertas yang sangat bertekstur.


5) Apakah kertas Anda akan di perforasi?


Kertas tipis dan kaku paling cocok untuk perforasi.


6) Apakah kertas akan digunakan lama?


Jika kertas mungkin basah, pilih jenis yang tahan air atau tambahkan laminasi. Laminasi meningkatkan daya tahan bahan cetak, memungkinkannya menahan sering digunakan. Laminasi menambah perlindungan terhadap sidik jari, noda, tumpahan, kerutan, tanda lecet, minyak, kotoran, kelembaban dan kontaminan lainnya.

 

Memilih Kertas Yang Terjangkau Kertas dapat berdampak pada harga setiap barang cetakan. Kertas yang lebih mahal dapat menambah sedikit total biaya proyek pencetakan, terutama jika Anda mencetak dalam jumlah besar. Pada akhirnya Anda harus memilih kertas yang sesuai dengan anggaran Anda.

Saran kami: pilih kertas untuk fungsi terlebih dahulu - tidak ada gunanya kalau produk Anda terlihat bagus kalau tidak menjalankan kegunaanya. Kertas yang tersedia di persediaan kami adalah kertas berkualitas tinggi dan bernilai baik yang dicetak dengan baik untuk sebagian besar proyek.

Anda juga dapat menggali lebih dalam topik ini dan melihat bagaimana pilihan kertas memengaruhi produk cetakan tertentu. Lihat disini.



Stok Kertas: Coated VS Uncoated


Kertas Coated Kertas coated adalah kertas yang telah dilapisi oleh campuran bahan atau polimer sehingga akan lebih baik menampilkan teks dan gambar dengan detail yang lebih tajam dan warna yang lebih padat. Coating dapat berupa matte/doff atau glossy/mengkilap, mencakup dari non-glossy hingga super-glossy. Kertas dapat dilapisi pada satu atau kedua sisi. Kertas yang dilapisi pada satu sisi sering digunakan untuk kartu pos berbiaya rendah atau kertas foto. Kertas coated lebih sulit untuk ditulis, terutama dengan pensil atau pulpen. Kertas coated umumnya digunakan untuk hal-hal seperti:

brosur katalog kartu pos pengemasan produk yang tidak akan Anda tulis


Kertas Uncoated

Kertas uncoated memiliki ciri-ciri permukaan yang tidak silau dan mudah menyerap. Tidak ada yang menutupi serat alami dan mudah menyerap tinta. Contoh kertas uncoated adalah kertas linen, buffalo, blues white atau kertas HVS. Kertas uncoated adalah kertas yang paling mudah untuk ditulis. Kertas uncoated umumnya digunakan untuk hal-hal seperti:

alat tulis dan amplop standar pamflet yang ekonomis newsletters produk akhir yang akan Anda tulis


Pelapis Kertas Khusus - Laminasi, Varnish & Spot UV Ada juga pelapis khusus yang dapat ditambahkan setelah kertas dicetak. Ini dapat membantu melindungi seluruh bagian atau dapat digunakan untuk membuat efek yang menarik.


Laminasi memberikan tampilan glossy atau doff dan memberikan perlindungan yang sangat baik dengan cara melapisi kertas tersebut dengan lapisan plastik, ini dapat mengubah tampilan dan sentuhan-sentuhan pada cetakan secara dramatis.


Varnish adalah pelapis yang sangat mengkilap atau doff yang menawarkan perlindungan sempurna untuk barang cetakan. Itu ditambahkan di atas tinta pada stok kertas dan membuat kertas tahan air. Pelapis berair berbasis air, membuatnya ramah lingkungan. Jika Anda ingin kertas Anda tahan lama, varnish adalah untuk Anda. Varnish sangatlah mirip dengan laminasi, perbedaannya adalah kertas akan diberikan pelapis carian tinta bening untuk menyegel dan melindungi tinta pada permukaan cetakan. Produk yang di varnish akan terlihat lebih glossy daripada yang dilaminasi.


Spot UV dapat digunakan untuk melindungi bagian atau digunakan untuk menyoroti detail tertentu dari karya cetak dan menambahkan kilau dan kedalaman pada elemen-elemen tertentu pada halaman seperti logo atau gambar.



Ketebalan & Berat Kertas (Gramatur/gsm)

Anda harus memikirkan ketebalan dan berat kertas secara bersamaan. Keduanya mengukur seberapa tebal, kokoh, dan berat pada kertas tersebut. Kertas yang lebih berat dan lebih tebal akan tahan bantingan daripada kertas yang lebih ringan atau lebih tipis.


Stok Sampul dan Stok Teks Ketika Anda berbicara tentang berat dan ketebalan kertas, Anda dapat memahami perbedaannya istilah stok sampul dan stok teks. Stok sampul adalah kertas yang lebih tebal yang sering digunakan sebagai sampul buku. Kami tidak berbicara buku hardcover - tetapi lebih seperti buku paperback atau softcover, kartu ucapan, dan sejenisnya. Stok teks adalah kertas yang biasa Anda lihat di printer desktop. Lebih tipis, lebih longgar dan lebih fleksibel, digunakan sebagai kertas di dalam buku.

Stok sampul dan stok teks benar-benar tidak ada hubungannya dengan buku meskipun mereka menggunakan istilah-istilah itu. Stok sampul sangat bagus untuk kartu pos, bookmark, hang-tag, dan apa pun yang membutuhkan kertas tebal dan kaku. Stok teks dapat dibuat menjadi brosur, selebaran, surat dan notes.


Memilih Ketebalan & Berat Yang Tepat Berat dan ketebalan kertas memiliki dampak besar pada produk akhir Anda dan ini dapat membingungkan. Anda harus berbicara dengan seorang profesional percetakan sebelum Anda memilih stok yang penting, tetapi berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat ketika Anda memilih ketebalan dan berat kertas.

1) Kertas yang lebih tebal menghasilkan hasil yang lebih baik untuk die-cutting, embossing dan stamping foil.

2) Anda membayar untuk mengirim kertas berdasarkan berat.

3) Kertas yang lebih tipis biasanya lebih murah dan menggunakan lebih sedikit bahan, sehingga lebih ramah lingkungan.

4) Jika Anda mencetak katalog atau majalah, pastikan ketebalan sampul dan stok kertas interior tepat untuk proyek Anda, karena mungkin ada masalah jilidan dengan beberapa kombinasi dan konfigurasi.

5) Kertas yang tebal dan kokoh akan lebih tahan banting daripada kertas yang tipis.


 


17 views0 comments
bottom of page